Cari

Wasir ambeien adalah

Pengertian Wasir
Wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar.[1][2][3] Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

Gejala patologis wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya timbul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus. Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul di sekitar area anus dan rektum sebagai "wasir" dan bahwa penyebab serius gejala tersebut harus disingkirkan.[4] Sementara penyebab wasir yang sesungguhnya belum diketahui, sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi, dipercaya mempunyai andil dalam perkembangan kondisi ini.

Perawatan awal untuk penyakit yang ringan hingga sedang meliputi peningkatan konsumsi serat, cairan oral untuk menjaga hidrasi, NSAID untuk membantu mengatasi nyeri, dan istirahat. Beberapa prosedur kecil dapat dilakukan jika gejalanya parah atau tidak membaik dengan penanganan konservatif. Pembedahan dibatasi hanya untuk pasien yang tidak membaik setelah berbagai tindakan tersebut dilakukan. Setengah dari seluruh populasi dapat mengalami wasir suatu saat di dalam hidupnya. Hasil akhirnya biasanya baik.
 (Wikipedia.org)


Ramuan Obat ambeien
a. Bahan yang diperlukan:
1) Daun lidah buaya: 200-300 gram
2) Air matang secukupnya
3) Madu secukupnya

b. Alat yang diperlukan:
1) Pisau
2) Parut
3) Saringan
4) Panci
5) Mangkok
6) Gelas

c. Cara Membuat
1)    Buang duri yang ada di pelepah daun lidah buaya
2)    Parut daun lidah buaya (bersama kulitnya), campur dengan air matang dan madu, aduk rata
3)    Saring ramuan dan bagi tiga bagian . Minum ramuan tiga kali sehari
4)    Ramuan yang belum diminum bisa disimpan di kulkas untuk masa simpan satu hari


 (Diknas)

No comments:

Post a Comment