Cari

Pengertian herbal adalah

Pengertian Herbal
 Herbal Syariah
 Syariah
Istilah herbal biasanya dikaitkan dengan tumbuh-tumbuhan yang tidak berkayu atau tanaman yang bersifat perdu. Dalam dunia pengobatan istilah herbal memiliki makna yang lebih luas, yaitu segala jenis tumbuhan dan seluruh bagian-bagiannya yang mengandung satu atau lebih bahan aktif yang dapat dipakai sebagai obat (therapeutic).

Pengertian makanan herbal adalah makanan berkandungan zat-zat yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh anda. Makanan herbabal harus mengandung gizi yang seimbang. Sehingga tubuh anda akan mengalami perkembangan yang baik, terhindar dari penyakit. Menurut ahli gizi, bahwa makanan herbal terdapat pada empat macam makanan yang terdiri dari: makanan pokok (nasi, jagung, singkong, dan sagu), lauk pauk (daging, ikan, ayam, telur, tahu, tempe dll), sayur (bayam, wortel, sawi hijau, brokoli, dll), serta buah (mangga, jeruk, pepaya, apel, srikaya, jeruk, dll).

Selain pengetahuan tersebut, terdapat pengetahuan penunjang yang sangat berkaitan dengan makanan herbal, mengkonsumsi makanan vegetarian, dan mencegah makanan anti bakteri. Hanya melalui pengetahuan tersebut, makanan yang anda konsumsi bukanlah sampah, namun zat-zat yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Memilih makanan herbal
Biasanya orang selalu beranggapan, bahwa makanan herbal tidak enak rasanya. Hal itu bisa terjadi. Namun jika anda dapat memilih makanan dengan benar,maka akan menemukan makanan sehat dan sekaligus terasa 8 enak. Makanan herbal yakni makanan yang kaya nutrisi, misalnya: padi-padian, buah dan sayuran.

Untuk mendapatkan makanan herbal yang kaya akan nutrisi sesungguhnya tidak serumit yang dibayangkan. Mengingat makanan tersebut dapat diperoleh dengan harga terjangkau dan sanggup memenuhi kebutuhan tubuh. Adapun makanan bernutrisi tinggi yang kaya serat, protein, kalsium, vitamin dan kalium.

Herbal meliputi berbagai jenis bahan dari tumbuh-tumbuhan yang umumnya memiliki fungsi dan khasiat tertentu.

Saat ini herbal makin popular di masyarakat, herbal tidak hanya popular untuk pengobatan dan pencegahan penyakit dan populer sebagai bahan kosmetik yang berfungsi untuk meningkatkan kecantikan seseorang terutama para wanita.

Salah satu jenis herbal adalah rempah – rempah . Rempah-rempah digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya digunakan untuk memasak dan dapat juga dimanfaatkan dalam meramu dalam pembuatan jamu tradisional. Hasil olahan rempah-rempah dapat dimanfaatkan dalam industri parfum, farmasi, flavor, pewarna dan lain-lain

Dari beberapa pendapat para ahli disimpulkan bahwa, rempah-rempah/herbal adalah semua hasil tanaman yang dikeringkan atau yang masih segar yang mempunyai aroma dan citarasa spesifik, mengandung minyak atsiri atau minyak makan dalam bentuk utuh, potongan atau serbuk yang dapat memberikan citarasa ke dalam makanan dan minuman dengan tanpa penambahan zat aditif lain.

Rempah-rempah/herbal dapat berasal dari akar, kulit kayu, daun, biji, buah, bunga, umbi, dan bagian lain tanaman. Jika digunakan untuk bumbu, maka biasanya merupakan campuran beberapa jenis rempah-rempah untuk meningkatkan rasa, aroma, dan flavor produk makanan. Penggunaannya untuk makanan, dipakai dalam jumlah sangat kecil dan diukur dalam gram.

Secara umum dapat dijelaskan bahwa penggunaan rempah-rempah selain untuk obat adalah untuk makanan dengan berbagai fungsi, antara lain sebagai pengawet, pengempuk daging, pewarna, cita rasa, pemberi aroma. (Materi : Diknas)

Sumber Gambar : http://www.jual-obatherbal.com/

No comments:

Post a Comment