Cari

Daun beluntas berkhasiat menurunkan panas hilangkan bau badan

Daun Beluntas (Pluchea Indica (L)
Daun Beluntas
Sumber gbr : tanamanobat.net

Beluntas merupakan tanaman semak atau setengah semak yang tumbuh tegak, tinggi mencapai dua meter, Tanaman ini memiliki daun tunggal berbentuk bundar, tetapi seperti telur sungsang dengan letak berseling, ujung bundar melancip dan bergerigi, serta berwarna hijau terang. Daun yang masih muda dan segar memiliki rasa getir dengan bau khas. Beluntas memiliki bunga berbentuk bonggol, bergagang atau duduk di ujung cabangdan ketiak daun, serta berwarna ungu

Beluntas merupakan tanaman yang menjadi alternatif beberapa pengobatan penyakit, seperti TBC, scabies,penurun panas. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan di dalamnya

Kandungan Senyawa Aktif dalam Beluntas
Daun beluntas mengandung group senyawa flavonoid, tanin, sterol, dan fenolhidrokuinon, sapoin, alkaloid, minyak asiri, asam amino (leusin, isoleusin, triptofan, treonin), lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, dan Vitamin C, dan volatil yang memberikan aroma khas pada daun beluntas.

Khasiat dan Manfaat Beluntas
Khasiat daun beluntas yang paling terkenal adalah menurunkan panas, menyembuhkan radang antiluka , mengobati skabies, mengobati gangguan saluran pencernaan, mengobati TBC, mengobati kelenjar leher, menambah nafsu makan, serta menghilangkan bau badan. Daun beluntas berpotensi sebagai diuretik dan peluruh keringat. Daun yang telah dihaluskan, baik mentah maupun telah dikukus dapat dimakan untuk mengharumkan napas dan menghilangkan bau keringat yang tidak sedap. Daun muda bagian atas dan perbungaan, baik dalam kondisi mentah atau telah dimasak dapat dikonsumsi sebagai makanan pelengkap nasi atau lalapa, bahkan kadang-kadang dimanfaatkan sebagai bahan sup.

Bagian Yang Biasa digunakan

Bagian yang dapat digunakan dari tanaman beluntas adalah seluruh bagian tanaman, baik digunakan segar maupun dikeringkan. Namun yang bisa dan banyak digunakan adalah bagian daun. 

No comments:

Post a Comment