Cari

Sereh atau serai khasiat dan manfaat

Sereh / serai

Sereh merupakan salah satu jenis rumput- rumputan yang sudah sejak lama dibudidayakan di Indonesia. Sereh banyak gunanya, selain sebagai bumbu dapur juga dapat dibuat minyak (minyak sereh) , dan juga sebagai obat gosok atau pewangi sabun mandi. Untuk menghasilkan minyak sereh murni digunakan cara ekstraksi. Destilasi untuk memisahkan campuran minyak sereh dengan alkohol.
Serai / sereh
(sumber gbr : idolanews.com)

Antioksidan dan pencegah kanker
Serai dapat digunakan sebagai sumber antioksidan yang berfungsi sebagai pembasmi sel-sel penyebab kanker. Serai dapat mematikan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel baik di dalam tubuh lainnya. Caranya dengan meminum air rebusan atau sari serai secara teratur. Minimal 2x sehari.
Ringankan kram perut saat menstruasi
Meminum sari atau rebusan air serai dapat meringankan kram pada saat menstruasi. Air serai juga bisa menghilangkan rasa mual yang kadang terjadi pada saat wanita datang bulan. Minum air serai ini saat memulai aktifitas yang dimulai sejak pagi hari.
Mengobati penyakit kulit
Serai bisa kita gunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit kulit. Misalnya jamur pada kulit. Kandungan pada serai terbukti mampu membunuh jamur yang bersarang pada kulit. Penggunaan secara terus menerus juga bias menghilangkan noda yang ditinggalkan oleh jamur.
Dapat memutihkan gigi menguning
Gigi menguning jelas membuat Anda merasa tidak percaya diri bukan ? Canggung rasanya kita tersenyum jika gigi kita tak putih. Terutama untuk perokok, pasti terdapat noda kuning pada giginya. Tak perlu malu dan tak perlu khawatir. Hal ini bias diatasi dengan cara sederhana. Yaitu dengan menggunakan serai. Caranya tumbuk serai sampai keluar sarinya, campur dengan sedikit arang dapur. Gosokan pada gigi. Lakukan hal ini minimal seminggu 3x. Rasakan perubahan yang terjadi pada gigi Anda.
Atasi perut kembung
Teh serai terbukti dapat meringankan perut kembung. Kandungan yang ada di dalam serai dapat mengurangi angin yang ada di dalam usus termasuk di dalam perut. Serai mencegah bertambahnya gas dalam usus yang menyebabkan perut kembung. Selain into kita bias mengoleskan sari serai ke perut kita. Caranya dengan menumbuk serai sampai mengeluarkan sarinya, campur dengan minyak angin. Lalu oleskan pada perut kembung.
Meringankan sakit gigi
Serai terbukti meringankan nyeri pada gigi. Caranya dengan berkumur menggunakan sari atau rebusan air serai selama 1 menit.

Serai juga termasuk tanaman yang aromanya tidak disukai nyamuk / dapat digunakan untuk mengusir nyamuk.



No comments:

Post a Comment