Cari

Daun meniran membantu pengobatan sakit kuning (hepatitis), batu ginjal, malaria, demam, ayan, batuk

Daun Meniran (Phyllanthus urinaria Linn)
Sumber gbr : tanamanobat.net

Daun Ajaib Pelindung sel hati merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat dengan mudah ditemukan dan dapat ditanam dipekarangan rumah sebagai tanaman obat keluarga.Meniran biasa digunakan sebagai obat herbal pada pengobatan malaria, infeksi kandung kencing atau saluran kencing dan infeksi parasit.
Meniran merupakan rumput berdaun kecil berwarna hijau pucat atau hijau kemerahan. Batangnya berbentuk bulat dan basah dengan tinggi kurang dari 50 cm. Daun bersirip genap, setiap satu tangkai daun terdiri atas daun majemuk yang mempunyai ukuran kecil dan berbentuk lonjong.Bunga muncul diketiak daun dan menghadap kearah bawah.

Kandungan Senyawa Aktif dalam Meniran
Berbagai kandungan senyawa aktif yang mendatangkan manfaat kesehatan pada meniran adalah flavonoid, terpenoid, benzenoid, lignan, filantin, tanin, niranti, filokrisina, kuersitin, hipofilantin, pseudokhirantin, nirurin, vitamin C, dan kalium.
Kandungan senyawa inilah yang berperan sebagai antioksidan dan zat anti inflamasi yang diduga mendatangkan berbagai manfaat kesehatan

Khasiat dan manfaat Meniran
Antioksidan, Pelindung sel hati
Meniran dipercaya dapat membantu pengobatan sakit kuning (hepatitis), batu ginjal, malaria, demam, ayan, batuk, mengurangi haid yang berlebihan, mengatasi disentri, rabun senja, susah kencing disertai sakit pinggang, luka bakar, luka koreng dan jerawat. Kemampuan tersebut disebabkan adanya kandungan antioksidan dan antimikrobia dalam meniran.
Bagian yang biasa digunakan dari tanaman meniran adalah akar, batang, daun dan bunga.
Pemakaian meniran dalam pengobatan dapat dilakukan secara tunggal atau campuran.


No comments:

Post a Comment