Cari

Daun mint khasiat dan manfaat

Daun Mint (Mentha piperita)

Merupakan hasil hibrida dari water mint dan spear mint. Ditemukan di Eropa Tengah dan Selatan, tetapi pertama kali ditemukan di Inggris. Saat ini Afrika Utara merupakan daerah pengembangan utama tanaman ini. Karakter aromanya murni dan menyegarkan, berasa panas dan pedas. Kesegaran pepermint sangat cocok dengan aroma dan rasa coklat. Sering digunakan sebagai lalap dan herbal populer.
(sumber gambar : stikes.com)


Kandungan daun mint
Beberapa kandungan mint yang sangat baik untuk tubuh adalah antioksidan, serta beberapa vitamin seperti vitamin C, A, D dan E yang sangat baik untuk tubuh anda. Beberapa mineral juga ada di dalamnya, misalnya kalsium serta fosfor. Kandungannya ini yang membawa sejumlah manfaat dari daun mint, seperti berikut ini :

Khasiat dan Manfaat
Mengatasi nyeri
Daun mint juga dipercaya sebagai obat untuk mengatasi rasa nyeri dalam tubuh. Kandungan di dalamnya terdapat antispasmodic. Zat ini sangat baik bekerja untuk mengendurkan otot anda yang menegang. Sehingga cocok untuk mengatasi nyeri otot.
Kesehatan sistem pencernaan
Kadar dan kandungan yang ada di dalam mint tidak terdapat efek samping yang membahayakan. Bahkan mint juga mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh anda. Sebab ada antioksidan dan fitonutrien.
Mengatasi demam
Salah satu efek daun mint adalah memberikan rasa dingin yang menyegarkan untuk tubuh. Meskipun berada di bawah terik matahari, efek yang ditimbulkan dari mint berbeda. Mereka yang memiliki demam atau kenaikan suhu, biasanya menggunakan mint untuk meredakan panasnya.
Kesehatan gigi dan mulut

Banyak sekali bakteri yang ada dan bersarang di dalam mulut anda. Untuk itulah mengapa anda di anjurkan minimal menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Manfaat daun mint adalah tumbuhan yang mengandung zat anti bacterial dan anti inflamasi yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mulut anda. Bahkan mampu mencegah dari kerusakan gigi permanen.
Sebagai tameng untuk radikal bebas
Bagi anda yang hidupnya berada terus di bawah terik sinar matahari, lebih banyak terkena radikal bebas. Hal ini meningkatkan kecenderungan munculnya beberapa penyakit baru. Salah satu cara untuk menangkisnya adalah dengan menkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. 

No comments:

Post a Comment