Cari

Khasiat ubi jalar

Pengertian Ubi

ubi n 1 tumbuhan melilit berdaun besar menjantung atau menjari tangan, rimpangnya membesar menjadi umbi yg kulitnya menggabus atau berduri-duri, tergolong dl marga Dioscorea; nama ubi khusus mengacu pd Dioscorea elata; 2 tumbuhan menjalar atau berupa perdu yg berumbi besar dan berdaging (mengandung zat tepung); pd umumnya dapat dimakan: -- jalar; -- kayu;ada -- ada talas, ada budi ada balas, pb kejahatan dibalas dng kejahatan, kebaikan dibalas dng kebaikan; barang siapa yg berbuat sesuatu tentu akan mendapat balasan yg setimpal;
-- belanda ubi kentang;
-- benggala kentang;
-- jalar ubi dr tumbuhan melata yg dapat dimakan; Ipomoea batatas (banyak macamnya, spt -- jalar merah, -- jalar menes, -- jalar kuning); ketela rambat;
-- garut ararut;
-- jawa ubi jalar;
-- jenderal ubi kayu; (singkong) yg dibuat tepung tapioka; Manihot utilissima;
-- kayu singkong; ketela pohon;
-- kentang ubi yg bentuknya bulat-bulat, menjadi makanan pokok di negeri Barat, Solanum tuberosum;
-- perancis ubi kayu;
-- rambat ubi jalar;
-- sampa ubi kayu
(KBBI)

Ubi Jalar
Sumber : sobatcantik.com


Ubi Jalar (Manihot esculenta Crautz)

Mengapa ubi merah termasuk makanan herbal ?
Khasiat ubi jalar didapatkan dari kandungan kimia yang ada di dalamnya. Kandungannya meliputi protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, asam nikoninat, serta vitamin B1, B2, dan C. Kandungan itu didapatkan dari umbi dan daunnya. Dari kandungan tersebut, ubi jalar berkhasiat sebagai tonik dan penghentian pendarahan. Untuk mengatasi penyakit tertentu, penggunaan ubi jalar bisa dilakukan dengan cara pengobatan luar dan dalam. Pengobatan luar memanfaatkan umbi dan daunnya dengan cara diparut atau dihaluskan, lalu ditempelkan ke pada bagian yang sakit. Contoh penyakit yang bisa diatasi dengan pengobatan seperti ini adalah keseleo, luka terpukul, eksim, bisul dan herpes.

Untuk pengobatan dalam, umbi direbus atau dibuat masakan sesuai selera. Untuk mengatasi masuk angin dan perut kembung, dapat merebus ubi jalar berwarna merah ditambah jahe, kayu manis, cengkih, kapulaga, dan gula merah, setelah itu, air rebusannya diminum. Ubi jalar merah juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kuning, pembengkakan, reumatik, asam urat, pegal linu, dan rabun senja. Semua penyakit ini dapat diatasi dengan meminum air rebusan ubi jalar merah dicampur dengan bahan lainnya, khusus untuk reumatik, asam urat, dan pegal linu, selain meminum air rebusannya, ubi rebusnya juga dimakan. Khusus untuk rabun senja, bukan air rebusannya yang diminum, melainkan ubinya yang dimakan.

Ubi jalar putih dan jenis lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan, kencing manis, melancarkan peredaran darah, dan menurunkan kolesterol. Caranya pun sama, yaitu dengan meminum air rebusan ubi jalar. Pengobatan sakit tenggorokan bisa diatasi dengan meminum air seduhan bubuk ubi jalar putih. Bubuk tersebut bisa didapat dari umbi yang dikeringkan, lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk.

(Dikbud)

No comments:

Post a Comment