Cari

Kunyit kunir khasiat dan manfaat

Kunyit
Kunyit dikenal dengan nama kunir. Kunyit atau Curcuma domestica atau Curcuma longa masih satu familia dengan jahe yaitu Zingiberaceae dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masak, pewarna, dan obat tradisional. Disamping itu kunyit juga dapat digunakan sebagai bahan kosmetika tradisional
Induk rimpang kunyit berbentuk bulat, silindris, membentuk rimpang-rimpang cabang yang banyak jumlahnya di kiri dan kanan. Rimpang–rimpang ini bercabang –cabang lagi, sehingga keseluruhannya membentuk suatu rumpun. Bekas- bekas akar tampak jelas pada rimpang- rimpang ini.
 Hasil gambar untuk kunyit
Kunyit / kunir
Sumber gbr : tanamanobat.net

Kandungan senyawa aktif dalam kunyit
Kandungan senyawa bermanfaat dalam rimpang kunyit, diantaranya minyak atsiri, pati, zat pahit, resin, selulosa, dan beberapa mineral. Kandungan minyak atsiri kunyit berkisar 3–5 % yang terdiri dari golongan senyawa monoterpen dan sesquiterpene. Komponen utama yang paling penting dari rimpang kunyit ini adalah kurkumin, desmetoksikurkumin, dan bisdes-metoksikurkumin. Selain kurkumin, minyak esensial yang terkandung dalam rimpang kunyit meliputiar- tumeron (31,1 %), turmeron (10 %), kurlon (10,6 %) dan ar- kurkumin (6,3 %)

Khasiat dan manfaat kunyit

Berbagai khasiat kesehatan ditawarkan oleh rimpang kuning ini, meliputi obat penurun panas (mendinginkan), diabetes melitus, tifus, haid tidak lancar, keputihan, perut mulas haid, amandel, radang selaput hidung, koreng, gatal, sesak napas, cacar air, obat sakit maag, obat diare, dan mengobati infeksi pada luka. Semua khasiat ini disebabkan adanya kemampuan kunyit sebagai antioksidan, antimikroba, antifungal, serta anti-inflamasi. 

Kurkumin, Antioksidan Alami
Kunyit merupakan sumber antioksidan alami yang dapat membantu mencegah dan menangani oksidasi sel- sel tubuh. Seperti yang kita ketahui, oksidasi sel- sel tubuh dapat menyebabkan terjadinya penyakit, khususnya penyakit degeneratif, seperti kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, serta diabetes.

Senyawa Fenolik dan Minyak Kunyit – Senyawa Antimikroba dan Antifungal
Daun kunyit ternyata dapat digunakan sebagai obat borok karena memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Minyak kunyit dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus albus, Staphylococcus aureus, dan Bacillus typhosus.
Bagian tanaman kunyit yang biasa digunakan untuk pengobatan adalah rimpangnya. Rimpang kunyit dapat digunakan langsung baik sebagai bumbu masakan ataupun diekstraksi menjadi minuman serbuk, Selain rimpangnya , daun kunyit juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan terapi. Ramuan kunyit dapat dilakukan secara tunggal maupun menggunakan campuran bersama herba lain.

(Dikbud)

No comments:

Post a Comment