Cari

pengertian iman adalah keyakinan

Pengertian Iman
iman n 1 kepercayaan (yg berkenaan dng agama); keyakinan dan kepercayaan kpd Allah, nabi, kitab, dsb: -- tidak akan bertentangan dng ilmu; 2 ketetapan hati; keteguhan batin; keseimbangan batin;

ber·i·man v mempunyai iman (ketetapan hati); mempunyai keyakinan dan kepercayaan kpd Tuhan Yang Maha Esa;

ber·i·man·kan v percaya kpd;

meng·i·mani v meyakini dan mempercayai: sampai mati ia tetap ~ agamanya;

ke·i·man·an n keyakinan; ketetapan hati; keteguhan hati: kita wajib memperkuat ~ kita kpd Allah

(Sumber : KBBI)



Balasan terhadap iman

"Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan syurga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar (Q.S. Al Hadid: 21)

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal", (Q.S. Al Kahfi: 107)

Dari Abu Huraira ra, ia berkata: “Nabi Saw ditanya: "Amalan Apakah yang paling afdhal?" beliau bersabda: Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya”, lalu amalan apa lagi? “Berjihad fi sabilillah”, Jawab Rasulullah. Kemudian ada yang bertanya: “Kemudian amalan apa lagi?”, beliau bersabda: “Haji mabrur”.
diriwayatkan oleh Bukhari no hadist: 26 dan Muslim no hadist: 83

Dari Utsman ra, ia berkata: Nabi Saw bersabda: "Barangsiapa yang mati dan dia mengetahui bahwa tiada tuhan yang berhak disembah dengan sebenarnya selain Allah niscaya dia masuk surga". ( H.R. Muslim )
diriwayatkan oleh Muslim no hadist: 26

Sumber :

(Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri) Islamhouse.com

No comments:

Post a Comment