Cari

arti HTML adalah bahasa markup sederhana

HTML [HyperText Markup Language]


Bahasa markup sederhana yang digunakan untuk membuat dokumen Web menggunakan hypertext yang bersifat portable dari satu platform ke platform lain, yang nantinya akan diletakkan dalam World Wide Web. File HTML adalah file teks ASCII sederhana yang berisi kode-kode (ditandai oleh tag markup) untuk menunjukkan format dan link hypertext. Selain teks, dokumen Web biasanya berisi sejumlah data berupa gambar, suara, dan penyediaan link terhadap halaman Web lainnya. HTML merupakan varian dari SGML. ðSGML.

(Kamus Komputer)


HTML
HTML (Hypertext Markup Language). HTML merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu Standard Generalized Markup Language (SGML). HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu. HTML dibuat oleh Tim Barners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN. HTML dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic.

Selama awal tahun 90’an, HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik daripada versi sebelumnya. Perkembangan yang pesat tersebut tidak sampai merubah cara kerja HTML. Sebuah dokumen atau file HTML agar dapat dibaca langsung oleh browser disimpan dalam ekstensi .htm atau .html. Untuk menulis HTML tidak dibutuhkan perangkat lunak yang spesifik, cukup dengan text editor sederhana seperti Notepad (pada Microsoft Windows) atau beragam text editor yang ada di platform Linux dan Apple Mac OS, seperti vi, nano, joe, gedit, leafpad dan lainlain. Beberapa editor menyediakan fitur-fitur tambahan seperti syntax coloring (memberi warna pada kode-kode HTML) dan code completion (melengkapi secara otomatis kode yang akan dituliskan).

Saat ini telah banyak perangkat lunak berbasis GUI yang sangat membantu dalam pembuatan halaman-halaman HTML. Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Frontpage merupakan dua nama yang cukup populer di platform Microsoft Windows. Sedangkan di Linux tersedia Quanta+, Bluefish dan Nvu.

Struktur Umum File dengan Bahasa HTML
HTML adalah bahasa yang disisipkan (embedded language) pada dokumen dengan memberi tanda tertentu yang disebut tag. Tag merupakan aturan penulisan kode yang ditulis dengan diawali tanda lebih kecil dan di akhiri dengan tanda lebih besar (<tag>). Browser akan menentukan tampilan teks atau dokumen berdasarkan tag yang digunakan.

Sintaks penulisan tag mengikuti aturan-aturan umum berikut ini:

a) Setiap tag mempunyai nama yang spesifik. 
Kadang-kadang diikuti opsi-opsi yang disebut atribut. Baik nama maupun opsi harus berada dalam tanda
<..>.
Contoh:
<a href="/wiki/PHP" title="PHP">PHP</a>
Pada contoh ini tagnya memiliki nama <a> sedangkan atribut untuk tag <a> adalah href dan title. Sehingga baik nama tag dan atributnya harus berada di dalam tanda <…> seperti pada contoh.

b) Sebagian besar tag berpasangan. 
Penulisan untuk tag yang berpasangan adalah sebagai berikut : <namatag>….</namatag>
Contoh:
<TITLE>Paragraf</TITLE>
<strong>Cetak Tebal</strong>
Pada tag yang berpasangan seperti pada contoh ini, <TITLE> adalah tag awal dan </TITLE> adalah tag akhir. Perhatikan tanda / pada tag akhir.

c) Nama tag dan atribut-nya tidak bersifat case sensitive. 
Penulisan <strong>Cetak Tebal</strong> memberikan hasil yang sama dengan <STRONG>Cetak Tebal</STRONG>.

d) Penulisan atribut suatu tag diletakkan setelah nama tag. 
Jika ada lebih dari satu atribut maka digunakan spasi untuk memisahkan. Urutan atribut tidak penting.

Contoh:
<FONT SIZE=3>Teks Baru</FONT>
<FONT SIZE=5 FACE=“verdana“>Teks Baru </FONT>

e) Nilai dari atribut ditulis setelah tanda sama dengan (=). 
Pada contoh sebelumnya (lihat bagian d) terlihat bahwa atribut SIZE dari tag FONT memiliki nilai 5 sedangkan atribut FACE memiliki nilai “verdana”.

f) Jika nilai dari atribut hanya tunggal 
maka kita langsung menuliskan setelah tanda =. Jika lebih dari satu maka dapat digunakan tanda ‘… ‘ atau “…”. Pada contoh bagian d, tampak bahwa penulisan nilai untuk atribut SIZE tanpa menggunakan tanda “..”, sedangkan pada atribut FACE tanda “..” untuk menandai kata verdana.


(Sumber : Diknas)

No comments:

Post a Comment