Cari

Pengertan inseminasi buatan

Pengertian Inseminasi buatan
Inseminasi buatan
Sumber Gbr. : ternak.net

Inseminasi buatan adalah merupakan terjemahan dari artificial insemination (Inggris), kunstmatige inseminatie (Belanda), insemination artificielle (Prancis), atau künstliche besamung (Jerman). Artificial artinya tiruan atau buatan. Insemination berasal dari bahasa latin inseminatus; ”in” artinya pemasukkan, penyampaian atau deposisi, sedangkan ”semenatus” adalah cairan yang mengandung sel-sel kelamin jantan yang diejakulasikan melalui penis pada waktu kopulasi atau penampungan. Jadi menurut definisi, inseminasi buatan adalah pemasukan atau penyampaian semen kedalam saluran kelamin betina dengan menggunakan alat-alat buatan manusia, jadi bukan secara alami. Inseminasi buatan juga merupakan suatu perkawinan dengan menggunakan teknologi dengan bantuan manusia dimana dengan IB ini diharapkan dapat memperbaiki ternak-ternak yang mempunyai genetik jelek yang ada di seluruh dunia ini diganti dengan bibit-bibit yang genetiknya baik, sehingga dapat meningkatkan baik populasi maupun produktivitas ternak. Oleh karena itu pelaksanaan IB sangat penting dipelajari.

Hal-hal yang perlu dipelajari dalam pelaksanaan IB adalah :
(1) menyediakan semen.
(2) menyiapkan peralatan dan bahan penunjang.
(3) mengoperasionalkan IB.
(4) merawat peralatan IB dan.
(5) mencatat pelaksanaan IB secara detil.

Inseminasi buatan merupakan satu alat yang ampuh yang pernah diciptakan manusia untuk meningkatkan populasi dan produksi hewan baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Teknik Inseminasi buatan sudah sangat meluas dan sudah populer terutama dalam bidang peternakan khususnya lagi pada sapi, ayam, domba dan kambing.

Dalam praktek, prosedur inseminasi buatan tidak hanya meliputi deposisi atau penyampaian semen kedalam saluran kelamin betina, tetapi mencakup juga seleksi dan pemeliharaan pejantan, penam-pungan, penyimpanan atau pengawetan (pendinginan dan pembekuan) dan pengankutan semen, inseminasi, pencatatan dan penentuan hasil inseminasi pada hewan betina serta bimbingan dan penyuluhan peternak khususnya bagi penerapan IB dibidang peternakan.

Pemeriksaan Semen
Pemeriksaan semen dilakukan secara makroskopis seperti volume, warna dan konsistensi. Sedangkan secara mikroskopis meliputi :
(1) menaksir kualitas semen/air mani.
(2) menaksir prosentase sperma dalam semen.
(3) Menghitung sperma dengan hymocytometer.
(4) Menghitung sperma hidup dan yang mati dengan pewarnaan.
(5) Melihat morfologi sperma dan menghitung sperma normal dan yang abnormal.

Pengenceran semen
Fungsi pengencer semen diantaranya :
(1) Sumber makanan atau nutrisi untuk energi bagi spermatozoa.
(2) Pelindung spermatozoa dari pertumbuhan kuman.
(3) Mempertahankan tekanan osmotic.
(4) Mencegah perubahan PH.
(5) Mengurangi kerusakan sperma karena “ cold shock”.


(Dikbud)

No comments:

Post a Comment