Cari

glukosa

glukosa adalah
 Madu, Manis, Sirup, Organik, Emas Diabetes, Darah, Jari, Glukosa, Tes
glukosa n zat gula sederhana yg banyak terdapat dl tumbuhan dan hewan
-- darah kandungan glukosa dalam darah; gula darah; golongan monosakarida

zat Ar n 1 wujud; hakikat (Allah): -- Allah; 2 yg menyebabkan sesuatu menjadi ada; 3 bahan yg merupakan pembentuk (bagian-bagian yg mendukung) suatu benda; unsur;

gula darah n istilah tingkat, kadar kandungan glukosa dalam darah

tumbuhan n 1 sesuatu yg tumbuh; 2 tumbuh-tumbuhan: ubi termasuk ~ menjalar; 3 makhluk hidup yg berinti sel mengandung klorofil;~ air tumbuhan yg hidup di air atau yg siklus hidupnya berada dl air; ~ anual tumbuhan yg hidup hanya selama satu tahun atau satu musim; ~ apung tumbuhan yg hidup mengapung di permukaan air; ~ apung bebas tumbuhan air yg bebas mengapung; ~ beracun tumbuhan yg mengandung racun yg berbahaya bagi manusia dan hewan, terutama jika terjadi kontak langsung dengannya krn tumbuhan tsb dapat mencemarkan (bahan) makanan; ~ berumah dua tumbuhan yg bunganya hanya mempunyai benang sari atau putik; ~ berumah satu tumbuhan yg bunganya mempunyai benang sari putik pd tumbuhan yg sama; ~ hari panjang tumbuhan yg waktu berbunganya baru akan terjadi apabila mendapat penyinaran matahari lebih dr 12 jam; ~ hari pendek tumbuhan yg waktu mulai berbunganya dipercepat oleh penyinaran matahari kurang dr 12 jam; ~ inang tanaman yg menjadi tempat hidup dan berkembangnya tumbuhan atau hewan lain sbg parasit, msl pohon mangga sbg inang tumbuhan picisan; ~ indikator Tan tumbuhan yg dapat menunjukkan karakteristik khusus kondisi tanah atau daerah; ~ layang tumbuhan air yg bagian-bagian vegetatifnya secara permanen melayang dl air; ~ layang bebas tanaman air yg tumbuh melayang bebas dl air; ~ layang berakar tumbuhan air yg tumbuh melayang dan berakar di dasar; ~ perenial tumbuhan yg dapat hidup beberapa tahun terus-menerus;

hewan /héwan/ n binatang;

monosakarida n gula sederhana yg tidak dapat diuraikan lagi menjadi gula lainnya, msl glukosa


|| GLUKOSA ||
Glukosa adalah salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga, glukosa termasuk dalam golongan monosakarida. Karbihidrat glukosa merupakan karbohidrat terpenting dalam kaitanya dengan penyediaan energi di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena semua jenis karbohidrat baik monosakarida, oligosakarida maupun polisakarida yang dikonsumsi oleh manusai akan terkonversi menjadi glukosa di dalam hati. Glukosa ini kemudian akan berperan sebagai molekul utama bagi pembentukan energi di dalam tubuh. Glukosa juga akan berperan sebagai sumber energi utama bagi kerja otak.

Glukosa merupakan monosakarida yang paling dominan dalam tubuh manusia selain fruktosa dan galaktosa. Glukosa juga dibutuhkan sebagai bahann bakar tubuh. Selain itu, glukosa juga dicadangkan dalam bentuk glikogen. Jika asupannya banyak, maka glukosa akan disimpan sebagai trigliserida pada jaringan adiposa. Meingkatnya kadar glukosa tergantung pada waktu pengukuran, jenis makanan, dan metode yang digunakan dalam pemeriksaanya.

Glukosa terbentuk dari karbohidrat dalam makanan dan disimpan dihati dan otot rangka. Insulin dan glukagon, dua hormon yang berasal dari pankreas, dapat mempengaruhi kadar glukosa darah.

Glukosa sangat penting bagi kehidupan manusia karena merupakan energi bagi tubuh. Karbohidrat dalam makanan setelah dicerna akan diserap oleh dinding usus sebaagai glukosa dan dibawa oleh darah kedalam hati. Oleh hatim sebagai glukosa dikembalikan kedalam darah untuk menjaga agar kadar glukosa darah tetap konstan yaitu 100 mg%. Jika kadar glukosa melebihi 120 mg% maka disebut hiperglikemia dan jika kurang dari 80 mg% disebut hipiglikemia.


Referensi :
Indriyanti, 2003. Pemeriksaan laboratorium diagnosis dan pemantauan diabetes mellitus. Jakarta

No comments:

Post a Comment